Kamis, 31 Maret 2011

TAQRIB 3

TAQRIB 3
في غاية الاختصار ونهاية الإيجاز ليقرب على المتعلم درسه ويسهل على المبتدئ حفظه ، وأن أكثر من التقسيمات وحصر الخصال
= PENAKNAAN HARFIYAH VERSI JAWA=
FII GHOOYATIL IKHTISHOORI = ing dalem katoge ringkes
WANIHAAYATIL IIJAAZI = lan tutuge cendhak
LIYAQRUBA = supaya yenta parek
‘ALAL MTA’ALLIMI = ingatase wong kang bibinahu (sinahu)
DARSUHUU = (فا) (apa) nderes /sinahu “mukhtashor”
WAYASHULA = lan supaya yenta gampang
‘ALAL MUBTADI I = ingatase wong kang ngawiti ngaji
HIFDLUHU = (فا) (apa) ngapalake “mukhtashor”
WA AN UKTSIRO = lan yenta ngakeh-akehake (sapa) ingsun
FIIHI = ingdalem “mukhtashor”
MINAT TAQSIIMAATI = saking pira-pira bagiyan
WAHASHRIL “KHISHOOLI = lan mlanggeri /mbatesi pira-pira tingkah
=PEMAKNAAN HARFIYAH VERSI INDONESIA=
FII GHOOYATIL IKHTISHOORI = dalam puncaknya ringkas
WANIHAAYATIL IIJAAZI = dan dalam batas akhir kependekan
LIYAQRUBA = supaya menjadi dekat
‘ALAL MTA’ALLIMI = kepada pelajar
DARSUHUU = (فا) (apa) mempelajari “mukhtashor”
WAYASHULA = dan supaya menjadi mudah
‘ALAL MUBTADI I = kepada pemula dalam mengaji
HIFDLUHU = (فا) (apa) menghapalkan “mukhtashor”
WA AN UKTSIRO = dan supaya memperbanyak (siapa) saya
FIIHI = di dalam “mukhtashor”
MINAT TAQSIIMAATI = dari pembagian-pembagian
WAHASHRIL “KHISHOOLI = dan membatasi (mendefinisikan) perihal-perihalnya
=KETERANGAN TANDA /RUMUS JABATAN=
1. (م) = MUBTADA= UTAWI (Jawa) = NAH ( Indonesia)
2. (خ) = KHOBAR= IKU (JAWA)= ADALAH (Ind)
3.(ج) = JAWAB=MANGKA (Jw) = MAKA (Ind)
4.(فا) = FA’IL = SAPA/APA (Jw) = SIAPA/APA (Ind)
4.(ظ) = DHOROF=KETERANGAN WAKTU/TEMPAT = INGDALEM (Jw) =DI DALAM (Ind)
5. (مف) =MAF’UL = ING (Jw) = AKAN (Ind)
6.(حا) = HAL = TINGKAHE HALE (Jw) = DALAM KEADAAN DENGAN (Ind)
7. (ص) = SIFAT/ NA’AT= KANG (Jw) = YANG (Ind)
8. (تم) = TAMYIZ= APANE (Jw)= APANYA (Ind)
9.(مص) = MASHDARIYYAH= OLEHE SELAGI (Jw)= SELAMA MASIH (Ind)
10.(تع) = TA’LIL = KERANA (Jw)= KARENA (Ind)
11. (مط) = MAF’UL MUTHLAQ = KELAWAN/KANTHI (Jw) =DENGAN (Ind)
12.(ب) = BADAL = YAIKU/RUPANE (Jw) = YAITU/YAKNI (Ind)
13.(ش) = DLOMIR SYA AN = KELAKUAN (Jw) SESUATU PERKARA (Ind)
14.(غ) = GHOYAH= SENAJAN (Jw)= MESKIPUN (Ind)
15. (نا) = NAIBUL FA’IL= SAPA (Jw)= SIAPA (Ind)
=TELAAH SINGKAT NAHWU SHOROF=
في غاية الاختصار
في = huruf jar
غاية = isim-didahului huruf jar-majrur - kasroh- selanjutnya menjadi mudlof maka tanwin/Al gak boleh dipasang
الاختصار = isim- AL- mudlof ilaih- majrur- kasroh
ونهاية الإيجاز
و = huruf athof
نهاية = isim-didahului huruf jar-majrur - kasroh- selanjutnya menjadi mudlof maka tanwin/Al gak boleh dipasang
الايجاز = isim- AL- mudlof ilaih- majrur- kasroh
ليقرب
ل = lam dengan makna ta’lil (alasan) menyimpan ان yang beramal menashobkan fiil mudhori’.
يقرب = fiil mudlori’ dari fiil madli qoruba yaqrubu berwazan fa ‘ula yaf ulu (fiil lazim) kemudian dibaca nashob karena terletak sesudah lam ta’lil yang menyimpan “an” – tandanya fathah karena akhir kata tidak bertrmu wawu jama’, alif tastniyyah maupun ya’ muannats mukhotobah
على المتعلم
على = huruf jar
المتعلم = isim- AL- majrur-kasroh
درسه
درس = isim- menjadi fa’il dari lafadh يقرب – marfu’- dlommah- selanjutnya menjadi mudlof maka tanwin/AL tak boleh dipasang.
ه = dlomir muttashil untuk mudzakar mufrod- mabni dlommah- kembali kepada lafadh مختصرا ( ada di posting sebelumnya)- berkedudukan majrur- menjadi mudloh ilaih.
و = wawu ‘athof
يسهل = fiil mudlori’ dari fiil madli sahula yashulu berwazan fa ‘ula yaf ulu (fiil lazim) kemudian diathofkan kepada lafadh يقرب – manshub- fathah karena akhir kata tidak bertrmu wawu jama’, alif tastniyyah maupun ya’ muannats mukhotobah
على المبتدئ
على = huruf jar
المبتدئ = isim – AL- majrur- kasroh
حفظه
حفظ = isim- menjadi fa’il dari lafadh يسهل – marfu’- dlommah- selanjutnya menjadi mudlof maka tanwin/AL tak boleh dipasang.
ه = dlomir muttashil untuk mudzakar mufrod- mabni dlommah- kembali kepada lafadh مختصرا ( ada di posting sebelumnya)- berkedudukan majrur- menjadi mudloh ilaih.
و = huruf athof
ان اكثر = di athofkan kepada lafadh ان اعمل (ada di postingan sebelumnya)
ان = huruf nashob
اكتر = fiil mudhori’ dari fiil madli aktsaro yuktsiru mengikuti wazan tsulatsi mazid 1 dengan tambahan hamzah qotho’ (af ‘ala – yuf ‘ilu) menjadi uktsiru untuk mutakallim wahdah, menyimpan dlomir mustatir wujub انا – kemudian manshub sebab ada “an” –tandanya fathah.
من التقسيمات
من = huruf jar
التقسيمات= isim –AL- najrur – kasroh- jana’ muannats salim
و =huruf athof
حصر = isim- diathofkan kepada lafadh التقسمات – majrur- kasroh- selanjutnya menjadi mudlof maka tanwin/AL tak boleh dipasang.
الخصال = isim- AL- mudlof iliah- majrur - kasroh
=TERJEMAH=
Yang benar-benar ringkas dan pendek supaya dekat bagi penuntut ilmu untuk mempelajarinya juga mudah bagi pemula untuk menghafalkannya. Supaya pula aku memperbanyak pembagian-pembagiannya dalam ringkasan tersebut dan memberi batasan atau definisi akan perihal-perihalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar