Rabu, 18 Desember 2013

PERHITUNGAN GERHANA MATAHARI METODE TRACKING


perhitungan gerhana matahari biasanya merupakan materi akhir dalam buku-buku atau kitab-kitab ilmu falak, karena memang mengandung kerumitan-kerumitan yang tinggi
menurut pengalaman dan pengamatan yang serba sedikit, masih sangat sedikit tulisan-tulisan yang membahas fenomena tersebut secara memuaskan.
kitab-kitab klasik membahas perhitungan tersebut, dengan membuat perkiraan tanggal-tanggal terjadinya gerhana, kemudian memastikan apakah benar-benar terjadi atau tidak, kemudian jika terjadi dilanjutkan dengan mengecek suatu lokasi apakah dapat melihatnya atau tidak, jika bisa melihat maka menentukan jam-jamnya lebarnya dan sebagainya...
sementara buku-buku atau artikel modern membuaat langkah-langkah perhitungan dengan membuat tanggal perkiraan, kemudian memastikan apakah benar-benar terjadi gerhana ataupun tidak, jika terjadi gerhana kemudian menghitung jam-jamnya lebarnya dan sebaginya secara global.
keduanya (klasik dan modern) tidak membahas sebenarnya jika terjadi gerhana maka gerhana tersebut lewat lokasi-lokasi mana saja.
semenatara jika ingin mengetahuinya sampai hari ini tulisan-tulisan yang membahasnya masih sangat langka, untuk tidak mengatakan tidak ada.
yang ada adalah hasil matang yang dimuat di situs semacam NASA dan sejenis atau software-software falak/astronomi profesional tentunya dengan algoritma yang sangat rumit dan bergantung dengan data-data yang diterbitkan secara terbatas, sehingga awam tetap kesulitan untuk mendapatkanya
untuk itu saya bermaksud mencoba mengurangi kelangkaan tersebut.
sesuai janji saya kepada sahabat-sahabat di grup Belajar Ilmu Falak-Hisab(https://www.facebook.com/groups/falakiyah/), bahwa tulisan ini akan saya bagi akhir tahun, alhamdulillah Alloh memperkenankan saya untuk memenuhi janji saya tersebut.
ada 3 buah file yang bisa sahabat-sahabat download
1. selisik gerhana matahari.pptx


file powerpoint yang membahas rumus perhitungan gerhana matahari, saya bahas selangkah-demi selangkah lengkap dengan gambar geometri dan proses perumusannya
 

2. praktek selisik gerhana matahari.xlsm

file excel yang merupakan contoh penerapan rumus-rumus yang saya bahas
3. video tanpa audio peragaan perhitungan gerhana matahari tersebut
http://www.youtube.com/watch?v=wZ0pesbXBI8


dengan file tersebut bisa untuk menghitung gerhana matahari baik waktu lampau, sekarang maupun masa depan. (3200 SM - 3200 M)
baik secara global, lokal dan lebih mendetail.
semoga bermanfaat
kepada para master mohon saran-saran dan koreksinya


tambahan file Excel yang baru
https://drive.google.com/open?id=0B9ENNr3IuCSRUkt5em5GdnZIeUk 

yang sudah berupa file EXE
https://drive.google.com/open?id=0B9ENNr3IuCSRWXgtUmNlVTZnRnM 

1 komentar: